Medan- Seberapa penting sih melatih fokus menurut kalian? Dalam berkehidupan, sudah menjadi hal yang lumrah jika kita dihadapkan dengan berbagai persoalan. Datangnya bisa darimana saja, mungkin dari keluarga, pertemanan, studi, percintaan, atau bahkan dalam memiliki kemampuan fokus yang baik.
Bicara
mengenai fokus, mungkin kita pernah merasakan susahnya mengerjakan sesuatu
karena gangguan pikiran yang menyebalkan. Ketika pikiran kita sudah bekerja, tentu
banyak hal akan berseliweran tanpa bisa kita kendalikan. Kebayang empuknya
tempat tidur, aroma makanan yang belum bisa dilupakan, film yang baru kita
tonton, ataupun kejadian-kejadian yang lewat di depan mata dan mengganggu
pandangan kita. Hal-hal ini lah yang membuat kita sulit bertahan beberapa waktu
untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.
Sama
halnya dengan para pelajar tak terkecuali mahasiswa. Memfokuskan diri saat
belajar maupun mengerjakan tugas bukanlah suatu perkara yang mudah. Hal ini
tentu bisa mempengaruhi kinerja. Melawan rasa bosan dan meningkatkan atensi kemudian
menjadi hal yang harus lebih dikuasai.
Kita
tentu pernah terdistraksi bahkan sudah menjadi
hal yang normal terjadi setiap hari. Ingin menyelesaikan tugas A, namun
notifikasi sosial media langsung membuyarkan pikiran. Kepengen menyelesaikan
tulisan, tapi terganggu dengan musik yang diputar. Bahkan untuk menyelesaikan
satu dari beberapa to-do-list hari
ini saja sulit untuk dilakukan. Nah, hal-hal seperti ini ternyata bisa
dihindari lho. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan bagi orang-orang yang
gampang banget terdistraksi.
1.
Menyusun to-do-list
Pertama
sekali sebelum memulai suatu pekerjaan atau kegiatan, pastikan dulu kamu menulis
daftar tugas yang akan dikerjakan untuk sepanjang hari. Cara ini bisa dilakukan
dengan menulis di notes HP ataupun
secara manual di post it/sticky notes.
Segera list semua rangkain kegiatan
dari yang paling penting dan harus segera dilakukan sampai kepada hal-hal
terkecil yang tidak menjadi prioritas. Jika kamu ingin melanjut ke daftar tugas
selanjutnya, jangan lupa untuk menceklis kegiatan yang sudah kamu selesaikan. Hal
ini akan sangat membantu bagi kamu yang gampang lupa dan membantumu untuk lebih
terstruktur dan produktif sepanjang hari.
2. Batasi penggunaan HP saat bekerja
Kedua,
pastikan notifikasi HP kamu sudah di-silent
atau bila perlu jauhkan gadget dari
jangkauanmu. Hal ini akan sangat berguna, jika kamu tipe orang yang tidak tahan
dengan bunyi notifikasi yang masuk dan
meminimalisir gangguan kecil yang akan membuyarkan fokus dan atensimu, karena dering
notifikasi akan sangat mengganggu dan memecah fokus yang sudah kita bangun. Bahkan
ketika kita tanpa sengaja mengecek sosial media saat bekerja ataupun melakukan
tugas, dapat dipastikan tugas yang sedang kita kerjakan akan menganggur begitu
saja di depan mata dan kita tidak punya selera lagi untuk menyelesaikannya.
3. Ciptakan
suasana nyaman di sekitarmu
Selain
distraksi yang harus dihindari, pastikan lingkungan sekitarmu telah tersusun
rapi dan nyaman untuk ditempati. Ruangan yang rapi akan membuat kita nyaman
dalam mengerjakan sesuatu dan meningkatkan mood serta suasana positif. Singkirkan
barang-barang yang sekiranya akan menghambat kerja. Karena, fokus akan mudah
teralihkan ketika meja belajar kita berantakan dan nantinya akan membutuhkan waktu
lebih lama untuk membereskan barang tersebut di tengah-tengah pekerjaan kita
ditambah dengan niat menyelesaikan tugas yang perlahan-lahan akan berkurang.
4.
Do
one thing at a time
Lakukan
satu hal pada satu waktu. Hindari multitasking apabila kamu belum menguasainya.
Mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu hanya akan memecah fokus kita yang berakibat
semua pekerjaan menjadi tidak maksimal. Jangan paksakan diri untuk melakukan
beberapa pekerjaan sekaligus. Susun skala prioritas untuk tugas-tugas yang akan
dikerjakan. Kerjakan dimulai dari yang paling penting dan mendesak dan kesampingkan
tugas-tugas yang sekiranya bisa dilakukan nanti.
Hasil
pekerjaan akan lebih optimal ketika pikiran dan fokus kita tercurah kepada
suatu kegiatan dan proses pengerjaannya akan lebih cepat selesai. Lakukan pada
hal yang sama secara konsisten, sehingga hal ini juga akan melatih kedisplinan
dan tanggung jawab dalam menegerjakan pekerjaan yang ditanggungkan kepada kita.
5. Istirahat
yang cukup
Kesehatan
fisik dan pikiran juga diperlukan untuk melatih fokus dari berbagai distraksi.
Kalau memang pikiran kita sudah stuck
dan tidak bisa diajak kompromi, ambil sedikit waktu untuk berdiam diri dan menenangkan
pikiran. Lelah dan jenuh merupakan hal yang lumrah terjadi dan akan sangat
mempengaruhi kinerja ketika bekerja. Jika dilanda ngantuk di siang hari, ambil
waktu untuk tidur siang 15-30 menit. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan
fokus dan niat untuk kembali bekerja.
Melatih
fokus memang tidak mudah. Banyak sekali cobaaan yang mengganggu dan membuat
kita terdistraksi. Nah, teman-teman dapat melatih beberapa tips di atas untuk
meningkatkan fokus diri. Semoga bermanfaat!
Komentar
Posting Komentar