Gampang Terdistraksi? Kembalikan Fokusmu Dengan Cara Ini



Medan- Seberapa penting sih melatih fokus menurut kalian? Dalam berkehidupan, sudah menjadi hal yang lumrah jika kita dihadapkan dengan berbagai persoalan. Datangnya bisa darimana saja, mungkin dari keluarga, pertemanan, studi, percintaan, atau bahkan dalam memiliki kemampuan fokus yang baik.

Bicara mengenai fokus, mungkin kita pernah merasakan susahnya mengerjakan sesuatu karena gangguan pikiran yang menyebalkan. Ketika pikiran kita sudah bekerja, tentu banyak hal akan berseliweran tanpa bisa kita kendalikan. Kebayang empuknya tempat tidur, aroma makanan yang belum bisa dilupakan, film yang baru kita tonton, ataupun kejadian-kejadian yang lewat di depan mata dan mengganggu pandangan kita. Hal-hal ini lah yang membuat kita sulit bertahan beberapa waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Sama halnya dengan para pelajar tak terkecuali mahasiswa. Memfokuskan diri saat belajar maupun mengerjakan tugas bukanlah suatu perkara yang mudah. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kinerja. Melawan rasa bosan dan meningkatkan atensi kemudian menjadi hal yang harus lebih dikuasai.

Kita tentu pernah terdistraksi bahkan sudah menjadi  hal yang normal terjadi setiap hari. Ingin menyelesaikan tugas A, namun notifikasi sosial media langsung membuyarkan pikiran. Kepengen menyelesaikan tulisan, tapi terganggu dengan musik yang diputar. Bahkan untuk menyelesaikan satu dari beberapa to-do-list hari ini saja sulit untuk dilakukan. Nah, hal-hal seperti ini ternyata bisa dihindari lho. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan bagi orang-orang yang gampang banget terdistraksi.

1.      Menyusun to-do-list

Pertama sekali sebelum memulai suatu pekerjaan atau kegiatan, pastikan dulu kamu menulis daftar tugas yang akan dikerjakan untuk sepanjang hari. Cara ini bisa dilakukan dengan menulis di notes HP ataupun secara manual di post it/sticky notes. Segera list semua rangkain kegiatan dari yang paling penting dan harus segera dilakukan sampai kepada hal-hal terkecil yang tidak menjadi prioritas. Jika kamu ingin melanjut ke daftar tugas selanjutnya, jangan lupa untuk menceklis kegiatan yang sudah kamu selesaikan. Hal ini akan sangat membantu bagi kamu yang gampang lupa dan membantumu untuk lebih terstruktur dan produktif sepanjang hari.

2.       Batasi penggunaan HP saat bekerja

Kedua, pastikan notifikasi HP kamu sudah di-silent atau bila perlu jauhkan gadget dari jangkauanmu. Hal ini akan sangat berguna, jika kamu tipe orang yang tidak tahan dengan bunyi  notifikasi yang masuk dan meminimalisir gangguan kecil yang akan membuyarkan fokus dan atensimu, karena dering notifikasi akan sangat mengganggu dan memecah fokus yang sudah kita bangun. Bahkan ketika kita tanpa sengaja mengecek sosial media saat bekerja ataupun melakukan tugas, dapat dipastikan tugas yang sedang kita kerjakan akan menganggur begitu saja di depan mata dan kita tidak punya selera lagi untuk menyelesaikannya.

3.      Ciptakan suasana nyaman di sekitarmu

Selain distraksi yang harus dihindari, pastikan lingkungan sekitarmu telah tersusun rapi dan nyaman untuk ditempati. Ruangan yang rapi akan membuat kita nyaman dalam mengerjakan sesuatu dan meningkatkan mood serta suasana positif. Singkirkan barang-barang yang sekiranya akan menghambat kerja. Karena, fokus akan mudah teralihkan ketika meja belajar kita berantakan dan nantinya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membereskan barang tersebut di tengah-tengah pekerjaan kita ditambah dengan niat menyelesaikan tugas yang perlahan-lahan akan berkurang.

4.      Do one thing at a time

Lakukan satu hal pada satu waktu. Hindari multitasking apabila kamu belum menguasainya. Mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu hanya akan memecah fokus kita yang berakibat semua pekerjaan menjadi tidak maksimal. Jangan paksakan diri untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Susun skala prioritas untuk tugas-tugas yang akan dikerjakan. Kerjakan dimulai dari yang paling penting dan mendesak dan kesampingkan tugas-tugas yang sekiranya bisa dilakukan nanti.

Hasil pekerjaan akan lebih optimal ketika pikiran dan fokus kita tercurah kepada suatu kegiatan dan proses pengerjaannya akan lebih cepat selesai. Lakukan pada hal yang sama secara konsisten, sehingga hal ini juga akan melatih kedisplinan dan tanggung jawab dalam menegerjakan pekerjaan yang ditanggungkan kepada kita.

5.      Istirahat yang cukup

Kesehatan fisik dan pikiran juga diperlukan untuk melatih fokus dari berbagai distraksi. Kalau memang pikiran kita sudah stuck dan tidak bisa diajak kompromi, ambil sedikit waktu untuk berdiam diri dan menenangkan pikiran. Lelah dan jenuh merupakan hal yang lumrah terjadi dan akan sangat mempengaruhi kinerja ketika bekerja. Jika dilanda ngantuk di siang hari, ambil waktu untuk tidur siang 15-30 menit. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan fokus dan niat untuk kembali bekerja.

Melatih fokus memang tidak mudah. Banyak sekali cobaaan yang mengganggu dan membuat kita terdistraksi. Nah, teman-teman dapat melatih beberapa tips di atas untuk meningkatkan fokus diri. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

Komentar